Sepuluh mobil termahal
Mobil bukan saja sebagai kendaraan. Namun bagi orang kaya, mobil juga merupakan sarana untuk menunujkkan gengsi. Makanya, tak heran jika orang menghabiskan uang milyaran hanya untuk membeli sebuah mobil. Bayangkan saja, harga sebuah mobil termahal yang dibuat dan dijual di tahun 2010 ini ada di angka US$ 2,21 juta atau sekitar Rp 20,51 miliar.
Walau begitu, angka tersebut ternyata turun dari perhitungan tahun 2009 lalu. Karena di tahun 2009 lalu, sebuah Tramontana yang saat ini sudah habis terjual, dilepas dengan harga Rp 28,2 miliar. Kini di tahun 2010 ini mobil termahal di dunia dipegang oleh produsen mobil Swedia Koenigsegg Trevita dengan harga Rp 20,51 miliar. Dengan harga segitu anda akan dimanjakan oleh berbagai aksesoris yang membuat tampilan mobil ini memancarkan aura dinamis dan lux sekaligus serta keganasan mesin bekekuatan 1018 bhp yang ada di balik bonnetnya.
Sementara di tempat kedua ada duo Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport yang dilepas dengan dua model yakni model 'biasa' seharga US$ 2 juta atau sekitar Rp 18,56 miliar dan model coupe yang dijual dengan harga US$ 1,67 juta atau sekitar Rp 15,5 miliar. Kedua mobil ini mengendong menggendong mesin 16 silinder berkekuatan 1.001 hp dengan topspeed mencapai 350 km per jam.
Sedangkan di tempat ketiga ada Pagani Zonda Cinque Roadster berharga US$ 1,8 juta atau sekitar Rp 16,71 miliar. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 5 unit saja dengan sasis dari bahan carbon titanium dan mesin 678 hp dari yang diambil dari mesin Mercedes AMG V12, Pagani Zonda Cinque Roadster hanya membutuhkan waktu 3,4 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.
Berikut daftar lengkap 10 mobil termahal di dunia selama tahun 2010 ini.
1.Koenigsegg Trevita: US$ 2,21 juta atau sekitar Rp 20,51 miliar
2. Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport US$ 2 juta atau sekitar Rp 18,56 miliar (Versi coupe US$ 1,67 juta atau sekitar Rp 15,5 miliar)
3. Pagani Zonda Cinque Roadster: US$ 1,8 juta atau sekitar Rp 16,71 miliar
4. Lamborghini Reventon Roadster: US$ 1,56 juta atau sekitar Rp 14,48 miliar
5. Lamborghini Reventon: US$ 1,42 juta atau sekitar Rp 13,18 miliar
6. Maybach Landaulet: US$ 1,4 juta atau sekitar Rp 12,99 miliar
7. Koenigsegg CCXR : US$ 1,3 juta atau sekitar Rp 12,07 miliar
8. Koenigsegg CCX: US$ 1,1 juta atau sekitar Rp 10,21 miliar
9. Leblanc Mirabeau: US$ 765.000 atau sekitar atau sekitar Rp 7,10 miliar
10. SSC Ultimate Aero: US$ 740.000 atau sekitar Rp 6,87 miliar
Daftar mobil-mobil termahal di dunia yang dibuat Forbes, majalah bisnis terkenal, menempatkan tiga model buatan Merdeces-Benz dalam kelompok sepuluh besar.
Mobil sport mendominasi daftar itu, dan dibuat oleh perusahaan kecil yang sangat ekslusif. Justru mobil-mobil yang selama ini dianggap sebagai mobil termahal, malah keluar dari kelompok tiga besar.
Sebagian besar mobil-mobil ini pernah dilaporkan di situs ini. Bila anda ingin tahu lebih banyak, bisa manfaatkan fasilitas search engine 'cari berita dan artikel' di bagian samping halaman ini.
Sepuluh mobil termahal itu adalah:
1. Pagani Zonda C 12 S 7.3 Convertible $598,025
2. Koenigsegg CCR $562,659
3. Saleen S7 Twin Turbo $555,000
4. Koenigsegg CC8S $522,120
5. Mercedes-Benz SLR McLaren $450,000
6. Porsche Carrera GT $440,000
7. Maybach 62 $375,000
8. Rolls-Royce Phantom $328,750
9. Spyker C8 Double 12 S $325,560
10. Maybach 57 $324,000
Tramontana : Mobil termahal di dunia tapi merk tak terkenal
Ini dia salah satu mobil paling mahal di dunia, harganya mencapai 2 juta euro atau Rp 28,2 miliar. Dan mereknya pun tidak terlalu dikenal di dunia otomotif.
Mobil itu adalah Tramontana. Hasil garapan produsen mobil Eropa yang berbasis di Costa Brava, Spanyol. Tramontana menjadi salah satu merek termahal di dunia bersanding dengan brand-brand premium lain seperti Bugatti, Rolls Royce ataupun Mclaren.
Seperti dikutip worldcarfans, Rabu (4/11/2009) mobil sport dengan dua tempat duduk yang terbuka pada kap mobil bagian atasnya itu diciptakan seniman asal Spanyol, Fernando Leal-Audirac. Tramontana sendiri merupakan gabungan dari mobil Formula 1 dengan mesin pesawat jet !.
Mobil ini memiliki kekuatan yang dahsyat berkat tampilnya mesin V12 dengan twin turbo yang berkekuatan 760 hp yang dapat melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,6 detik saja. Itu dari dalaman mesinnya.
Dari luarnya bodi Tramontana pun dianugerahi tampilan yang eksotis, jiwa seni Tramontana ini makin kentara dengan sapuhan cat warna-warni yang memiliki efek bunglon alias bisa berubah-ubah warna hasil garapan Leal-Audirac.
Warna cat Tramontana ini dapat berubah dan bergerak dari warna ungu ke biru dan
dari hijau menjadi emas. Tujuan Leal-Audirac adalah untuk menciptakan sebuah "Pahatan Sutra" dan tidak diragukan lagi efek visual adalah maksud inti dari mobil ciptaannya.
Mobil itu adalah Tramontana. Hasil garapan produsen mobil Eropa yang berbasis di Costa Brava, Spanyol. Tramontana menjadi salah satu merek termahal di dunia bersanding dengan brand-brand premium lain seperti Bugatti, Rolls Royce ataupun Mclaren.
Seperti dikutip worldcarfans, Rabu (4/11/2009) mobil sport dengan dua tempat duduk yang terbuka pada kap mobil bagian atasnya itu diciptakan seniman asal Spanyol, Fernando Leal-Audirac. Tramontana sendiri merupakan gabungan dari mobil Formula 1 dengan mesin pesawat jet !.
Mobil ini memiliki kekuatan yang dahsyat berkat tampilnya mesin V12 dengan twin turbo yang berkekuatan 760 hp yang dapat melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,6 detik saja. Itu dari dalaman mesinnya.
Dari luarnya bodi Tramontana pun dianugerahi tampilan yang eksotis, jiwa seni Tramontana ini makin kentara dengan sapuhan cat warna-warni yang memiliki efek bunglon alias bisa berubah-ubah warna hasil garapan Leal-Audirac.
Warna cat Tramontana ini dapat berubah dan bergerak dari warna ungu ke biru dan
dari hijau menjadi emas. Tujuan Leal-Audirac adalah untuk menciptakan sebuah "Pahatan Sutra" dan tidak diragukan lagi efek visual adalah maksud inti dari mobil ciptaannya.
Wednesday, June 9, 2010
Filosofi penemu mobil pertama di dunia
Bila yang dimaksud mobil seperti sekarang ini, cukup sulit untuk menentukan siapa penemunya. Mobil sebenarnya terdiri dari ribuan komponen yang ditemukan dan dikembangkan secara bertahap. Meski demikian, bisa disebutkan bahwa Nicolaus J. Cugnot adalah orang pertama kali yang berhasil menluncurkan kendaraan berbadan besar, beroda tiga, dan bermesin uap.
Kendaraan ini digunakan untuk menarik meriam pada tahun 1769.
Gambar ini adalah gambar dimana, kendaraan hasil ciptaan Nicolaus J. Cugnot sedang menabrak tembok. Dan kecelakaan ini tercatat sebagai kecelakaan mobil pertama di dunia
Setelah itu insinyur lain yang membuat kendaraan sejenis adalah William Murdock yang bekerja sama dengna James watt dari Inggris. mereka berhasil mengembangkan dan meluncurkan mesin bermesin uap pada 1784.
Richard Trevitchick juga berhasil membuat dan meluncurkan kendaraan bermesin uap. Pada 1830, kendaraan beroda enam ciptaan Sir Goldswarthy Gurnay mampu meluncur dengan kecepatan 25km/h. Hingga awal abad 20, berbagai kendaraan bermesin uap terus diciptakan meskipun mesin uap berbahaya karena sering kali meledak.
Sejak pertengahan abad ke-19, perancangan mobil berkembang secara pesat. pada tahun 1860, Jean Joseph E. Lenoir, dari Perancis, berhasil menciptakan mesin pembakaran dalam berbahan bakar campuran batu bara dan gas serta campuran udara atmosfer. Mesin ini bekerja tanpa kompresi, dimana campuran bahan bakar dan udara dimasukkan ke dalam silinder pada saat torak berada diseparuh langkah, kemudian dinyalakan dengan suatu pematik api (busi), sehingga tekanan gas dalam silinder naik mendorong torak sampai akhir langkahnya dan membuang gas hasil pembakaran keluar. Efisiensi mesin ini hanya 5% tetapi mampu menghasilkan daya sampai 6DK.
Kemudian pada 1885, Gottlieb Daimler dan Karl Benz berhasil menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam. Meskipun tanpa kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda sehingga menyulitkan saat berangkat, kendaraan ini merupakan model dasar bagi pengembang mobil-mobil berikutnya. Mesin pembakaran dalam segera di sukai karena tidak memiliki kemungkinan meledak, tidak memercikkan api di luar, tidak berasap tebal, dan tidak sebising mesin uap.
Gottlieb Daimler(kiri) dan karl Benz
Pada saat yang sama berkembang berbagai penemuan baru yang memperbaiki kinerja mesin lama. Pada tahun 1886, Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukkan kedalam silinder, dinyalakan dengan busi terjadi gas pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu mendorong torak untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut. Efisiensi yang didapat oleh mesin ini adalah 11%. Mesin ciptaan Otto ini disebut mesin pembarkaran dalam 4 langkah dan dipatenkan pada 1876
Pada 1890 Charles E dan Frank Duryea dari AS berhasil menciptakan mobil bermesin bensin pertama. Pada 1898 Louis Renault menemukan batang penggerak sebagai ganti rantai yang selama ini dipakai untuk memindahkan tenaga mesin ke roda. Tiga tahun sebelumnya, Renault juga menciptakan mesin berpendingin air. Pada 1911, Cadillac Automobile Co., berhasil menciptakan starter listrik, pengapian listrik dengan kumparan dan aki sebagai ganti starter engkol. Pada tahun 1922, ban karet berisi udara sebagai pengganti ban mati atau ban engkel diperkenalkan pertama kali.
Proses otomotif begitu menarik,otomotif menjadi tulang punggung transportasi umat manusia saat ini.Apa jadinya dunia tanpa otomotif?hehe
Kendaraan ini digunakan untuk menarik meriam pada tahun 1769.
Gambar ini adalah gambar dimana, kendaraan hasil ciptaan Nicolaus J. Cugnot sedang menabrak tembok. Dan kecelakaan ini tercatat sebagai kecelakaan mobil pertama di dunia
Setelah itu insinyur lain yang membuat kendaraan sejenis adalah William Murdock yang bekerja sama dengna James watt dari Inggris. mereka berhasil mengembangkan dan meluncurkan mesin bermesin uap pada 1784.
Richard Trevitchick juga berhasil membuat dan meluncurkan kendaraan bermesin uap. Pada 1830, kendaraan beroda enam ciptaan Sir Goldswarthy Gurnay mampu meluncur dengan kecepatan 25km/h. Hingga awal abad 20, berbagai kendaraan bermesin uap terus diciptakan meskipun mesin uap berbahaya karena sering kali meledak.
Sejak pertengahan abad ke-19, perancangan mobil berkembang secara pesat. pada tahun 1860, Jean Joseph E. Lenoir, dari Perancis, berhasil menciptakan mesin pembakaran dalam berbahan bakar campuran batu bara dan gas serta campuran udara atmosfer. Mesin ini bekerja tanpa kompresi, dimana campuran bahan bakar dan udara dimasukkan ke dalam silinder pada saat torak berada diseparuh langkah, kemudian dinyalakan dengan suatu pematik api (busi), sehingga tekanan gas dalam silinder naik mendorong torak sampai akhir langkahnya dan membuang gas hasil pembakaran keluar. Efisiensi mesin ini hanya 5% tetapi mampu menghasilkan daya sampai 6DK.
Kemudian pada 1885, Gottlieb Daimler dan Karl Benz berhasil menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam. Meskipun tanpa kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda sehingga menyulitkan saat berangkat, kendaraan ini merupakan model dasar bagi pengembang mobil-mobil berikutnya. Mesin pembakaran dalam segera di sukai karena tidak memiliki kemungkinan meledak, tidak memercikkan api di luar, tidak berasap tebal, dan tidak sebising mesin uap.
Gottlieb Daimler(kiri) dan karl Benz
Pada saat yang sama berkembang berbagai penemuan baru yang memperbaiki kinerja mesin lama. Pada tahun 1886, Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukkan kedalam silinder, dinyalakan dengan busi terjadi gas pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu mendorong torak untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut. Efisiensi yang didapat oleh mesin ini adalah 11%. Mesin ciptaan Otto ini disebut mesin pembarkaran dalam 4 langkah dan dipatenkan pada 1876
Pada 1890 Charles E dan Frank Duryea dari AS berhasil menciptakan mobil bermesin bensin pertama. Pada 1898 Louis Renault menemukan batang penggerak sebagai ganti rantai yang selama ini dipakai untuk memindahkan tenaga mesin ke roda. Tiga tahun sebelumnya, Renault juga menciptakan mesin berpendingin air. Pada 1911, Cadillac Automobile Co., berhasil menciptakan starter listrik, pengapian listrik dengan kumparan dan aki sebagai ganti starter engkol. Pada tahun 1922, ban karet berisi udara sebagai pengganti ban mati atau ban engkel diperkenalkan pertama kali.
Proses otomotif begitu menarik,otomotif menjadi tulang punggung transportasi umat manusia saat ini.Apa jadinya dunia tanpa otomotif?hehe
Kamis, 26 Maret 2009
penemu mobil
SEJARAH MOBIL
March 14, 2007Mobil
Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movére’ (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bis, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.Sejarah
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin perama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mempatenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, ethanol digunakan sebagai sumber tenaga di A.S.Kepopuleran
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal
Inovasi
Paten mobil pertama di AS diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amphibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua-stroke. Paten ini meberi dampak negatif daripada positif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil dimana semuanya berkompetisi untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat-ban.
Pada tahun 1930an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi-masal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan
Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya “Fardier” dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di kota New York.Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.
Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Perusahaan Motor Ford. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.
Ada tes standar kemananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar